7 BEST FOOD IN SINGAPORE THAT WON'T BURN YOUR POCKET

Singapore, Negeri Singa yang sudah menjadi destinasi liburan bagi warga Indonesia. Letaknya yang dekat dengan Indonesia, menjadi alasan utama warga Indonesia banyak menjadi Singapore menjadi destinasi liburan mereka. Banyak sekali tempat hiburan dan wisata dan yang pasti tempat makan yang sudah tidak asing bagi warga Indonesia yang sering berlibur ke Singapura.

Singapura memang salah satu negara maju yang juga terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi. Singapura juga masuk 5 besar negara dengan biaya hidup paling mahal. Tapi jangan kuatir, thefoodsdiary mempunya solusi bagi anda yang tetap ingin menikmati makanan enak di Singapura tapi tidak harus merogoh kocek terlalu dalam.



Beberapa tempat makan yang sudah sangat terkenal di Singapura akan thefoodsdiary ulas dalam kesempatan ini dan dalam tulisan ini, anda akan menemukan makanan-makanan Singapura yang terkenal bin enak yang tidak akan membakar dompet anda. (semua yang ada dalam tulisan ini, harganya dibawa 10 SGD)


1. Nasi Hainan


Nasi Hainan merupakan makanan khas yang mesti ada makan bila berkunjung di Singapura. Tian-Tian adalah salah satu favorite thefoodsdiary jika berbicara mengenai nasi hainan. Nasinya termasuk salah satu yang terenak bila dibandingkan dengan nasi-nasi hainan yang ada di Singapura. Ayamnya enak walau cuman ayam rebus tapi rasanya enak karena ditambah dengan bumbu yang manis-manis asin, sangat cocok disantap dengan nasi hainan yang hangat.

Untuk harga hanya 3.50 SGD per porsi, untuk foto diatas itu thefoodsdiary pesan yang half chicken (karena biar puas hahaha read:rakus). Untuk Half harganya 12 SGD, Nasi Hainan 0.70 SGD. Murah kan untuk kelas makanan di Singapura?

Tian-Tian Hainanse Chicken Rice
Maxwell Food Center
1 Kadayanallur St
Singapore
Nearest MRT : Chinatown


2. Dried Fish Ball Noodle / Mie Pok


Makanan yang ga pernah terlewatkan oleh thefoodsdiary, jika berkunjung ke Singapura. Ya, thefoodsdiary sangat suka banget nget dengan makanan ini, karena rasanya tasty abis, ga seperti rasa makanan Singapura yang cenderung tidak berasa (read : ayep / plain). Mie Pok ini enak banget tasty abis, cenderung asin sih, cuma enak banget apalagi bila dimakan dengan fishball ya. Rasa mie nya cenderung asin tapi fishball dan kuahnya cenderung plain jadi perfect combination lah.

Harga nya 5.50 SGD, menurut thefoodsdiary, sangat worth it karena rasanya yang enak juga porsinya besar. Anda akan mendapatkan 1 mangkok tasty mie pok dengan 1 mangkok (5 biji bakso ikan). Jangan pernah melewatkan untuk makan ini bila berada di Singapura, letaknya juga sangat mudah dijangkau di ION Orchard, siapa yang gatau Orchard kan ya! So, ketika ke Singapura jangan lupa coba ini ya!

Dried Fish Noodle
Li Xin Teochew FishBall Noodle
Food Opera 
Ion Orchard level B4 
Singapore
Nearest MRT : Orchard


3. Oyster Omelette


Oyster Omelette adalah salah satu makanan yang sangat banyak dijual di Singapura. Kuliner ini banyak anda jumpai di hawker-hawker atau kalau disini dikenal dengan nama pedangang kaki lima. Bagi yang tidak tau oyster, oyster adalah tiram. Well, di Indonesia tiram merupakan makanan yang cukup mahal bila anda ke restaurant-restaurant seafood. Tapi di Singapura, anda dapat menemukannya di mana-mana dengan harga yang cukup terjangkau. 

Oyster ini digoreng dengan tepung dan telur dan disajikan dengan saus yang kecut-kecut dan pedas. Enak sih, anda harus coba! Simon Road Oyster Omelette ini sangat terkenal di Singapura dan rasanya memang tidak diragukan lagi, bagi anda pencinta seafood wajib untuk mencoba Oyster Omelette ini!
Harganya 6 SGD/8 SGD.

Simon Road Oyster Omelette"
Mee Sek Food Court"
995 Upper Seragoon 
Singapore
Nearest MRT : Kovan


4. Minched Meat Noodle ( NON- HALAL)


Mie ini merupakan jenis mie pok juga, pada dasarnya semua tempat makan yang menjual mie di Singapura akan menyediakan beberapa jenis mie, yang dapat anda pilih sesuai dengan selera, yang menjadi favorite adalah Mie Pok sih. Ya, memang enak, paling enak ya mie pok. Kembali ke makanan ini, sejatinya thefoodsdiary tidak terlalu suka dengan yang satu ini, overall rasanya enak cuma rasa kecut yang mendominasinya membuat thefoodsdiary tidak terlalu suka. Tapi makanan ini sangat-sangat terkenal di Singapura dan menjadi list wajib yang harus dicoba bila berlibur di Singapura. Tak heran anda harus rela mengantri untuk mencoba mie ini.

Semua akan kembali ke selera masing-masing belum tentu semua yang favorite akan menjadi favorite kita juga. Tapi biar thefoodsdiary gambarkan sedikit bagaimana rasanya. Rasanya itu kecut-kecut gitu, bakwannya enak empuk kenyal-kenyal gitu, mie nya juga kenyal dan enak, pangsitnya, ayam dan babinya overall enak. Kuahnya adalah kuah yang kental dan terdapat rumput laut. Kuahnya enak banget untuk menetralisir rasa kecutnya.

Harga nya bervariasi start from 5 SGD, yang difoto ini adalah 6 SGD.

Hill Street Tai Hwa Pork Noodles
Tai Hwa Eating House
North Bridge Road
Nearst MRT : Lavender


5. Prawn Noodle / Hokkien Mee


Hokkien Mee with prawn ini memang menjadi salah satu mie favorite bila anda mengunjungi Singapura. Banyak sekali pedagang kali lima atau hawker yang menjual mie ini. Setelah mencoba di beberapa tempat di Singapura, ini dia hokkien mie yang enak dan sejauh ini yang terbaik jatuh pada Thye Hong. Mengapa ini yang terbaik menurut thefoodsdiary, karena rasanya tasty dan enak dari mie hokkian lainnya yang pernah thefooodsdiary, yang kebanyakan rasanya sedikit plain. Bagian yang selalu menjadi favorite thefoodsdiary adalah sambelnya, enak jos! Sangat pas bila dimakan dengan mie ini ditambah dengan udang rebus yang menjadi pelengkap. Rasanya LEKKER!!

Harganya 6 SGD, pada dasarnya hawker-hawker di Singapura akan memberikan varian harga yang menentukan besar porsi yang anda akan dapatkan. Kebanyakan, thefoodsdiary memesan harga yang tengah-tengah.

Thye Hong Hokkien Mee
Food Republic
Wisma Atria level 4
435 Orchard Road
Singapore
Nearest MRT : Orchard


6. Fried Carrot Cake


Fried Carrot Cake juga merupakan salah satu makanan kaki lima atau hawker yang sering akan anda jumpai bila berada di Singapura. Sebenarnya, thefoodsdiary juga tidak mengetahui secara jelas mengapa namanya carrot cake sedangkan tidak ada wortel jika anda memakannya. Rasanya seperti pentol / tepung-tepung rebus (hah?!?) yang digoreng dengan telur. 

Well, sedikit susah mendiskripsikannya, yang pasti rasanya kenyal-kenyal dan enak apalagi jika di makan dengan sambelnya, LEKKER! Anda harus mencoba seperti apa itu carrot cake yang terkenal di Singapura dan rekomendasi thefoodsdiary jatuh pada Carrot Cake di Chinatown Food Street ini.

Harga satu porsinya adalah 4.50 SGD. Varian rasanya ada yang fried atau digoreng dengan telur atau dimasak dengan saus. Entah saus atau bumbu apa yang digunakan akan tetapi hasil akhirnya akan berwarna hitam. Thefoodsdiary tidak pernah merasakan yang dimasak dengan saus tapi kata orang-orang itu juga lezat dan lebih terkenal. 

Chinatown Food Street
335 Smith St
Singapore
Nearest MRT : Chinatown 


7. Salted Egg Chicken Rice


Salted Egg Chicken ini merupakan makanan yang jangan pernah anda lewatkan bila anda berkunjung atau berlibur ke Singapura. Ini adalah makanan yang sangat terkenal bin uenak dan sudah menjadi list makanan wajib di Singapura. Ya, dari namanya anda bisa tau bahwa ini adalah ayam goreng yang di masak atau dibalut dengan telur asin dan disajikan dengan telur goreng dan pastinya nasi putih, yang dipadu menjadi satu menjadi kuliner yang super mantap yang tak boleh terlewatkan di Singapura.

Harga satu porsinya hanya 6 SGD, sangat-sangat worth it! Rasanya bila di diskripsikan itu ga bisa diungkapin ya, enak dan enak pokoknya, rasa telur asin yang membalut ayamnya tidak terlalu asin jadi pas banget karena tidak akan menimbulkan kejenuhan rasa (read : eneg). Meskipun anda tidak bisa terlalu berharap banyak dengan nasinya, Ya kebanyakan nasi di Singapura sedikit rada keras, tidak bisa senikmat nasi di negeri sendiri (halalala). Tapi secara keseluruhan enak buanget!

*untuk info lebih baik kesininya enak naik bis, tinggal search di google map / gothere.sg 
"geylang lor 17" dan kamu akan menemukan ini, tempatnya di pojokan. 

Geylang Lor 17
Singapore
Nearest MRT : Aljuneid


Bagi anda yang bingung akan informasi transportasi di Singapura, anda dapat mengaksesnya di gothere.sg Ini yang menjadi pedoman thefoodsdiary untuk berkeliling Singapura. Terdapat alternatif MRT, Bus, Taxi yang dilengkapi dengan biaya dan waktu tempuh dan yang pastinya No Bus ataupun Station mana yang anda dapat gunakan.

Komentar

  1. Wah hidup di singapura selain paling mahal juga anomali, disaat seluruh dunia harga-harga turun disingapura justru naik. SUMBER: Perekonomian Singapura sedang sulit, tarif listrik naik 9.2% dan akan disusul kenaikan lainnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer